Mataram_ Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Provinsi NTB membuka peluang bagi pencari kerja di NTB. Bursa kerja dibuka hari ini di Lombok City Center (LCC)  Narmada Lombok Barat (dilaksanakan 19-20 Juli 2017) ,sebanyak 38 perusahaan yang mengikuti dengan menyediakan sekitar 2.830 posisi.

Seluruh perusahaan yang ikut ambil bagian ini, terdiri dari perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan, otomotif, jasa, perbankan, penelitian kesehatan dan SDM, dealer, keuangan, retail, telekomunikasi, developer, distributor, multi finance, serta perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan.

Masalah pengangguran yang terjadi di provinsi ini disebabkan antara lain, tidak sebandingnya antara persediaan kesempatan kerja dengan jumlah angkatan kerja , baik secara kualitas maupun kuantitas yang dibutuhan pasar kerja. Jumlah pencari kerja setiap tahun meningkat, tidak diimbangi dengan ketersediaan lowongan pekerjaan. Kesenjangan informasi antara perusahaan dan angkatan kerja karena adanya hambatan dalam penyampaian informasi dari pengguna tenaga kerja atau sebaliknya. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Nusa Tenggara Barat tahun 2016 mencapai 3,94 persen, kondisi ini lebih rendah 1,75 poin persen jika dibandingkan dengan TPT tahun 2015 (5,69 persen).

Sebagai dinas yang membidangi ketenagakerjaan kegiatan job fair merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mengurangi pengangguran di NTB. Sebagai laporan, tahun 2014 lalu, tersedia sebanyak 1.403 lowongan, terpenuhi sebanyak 1.014 lowongan. Kemudian tahun 2015  tersedia sebanyak 3.908 lowongan, terisi sebanyak 3.241, selanjutnya tahun 2016, tersedia sebanyak 2.123 lowongan, terisi sebanyak 1.418 lowongan dan pada tahun ini diharapkan posisi yang tersedia dapat dipenuhi oleh pencaker sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhken perusahaan. (bm_nakertrans)