Mataram_ Pelepasan Peserta KKN Tematik sebanyak 1.742 orang dengan lokasi sebanyak 20 desa tersebar di 3 kabupaten, KLU, Loteng dan lobar.  BNP2TKI bekerjsama dengan UIN Mataram, melalui kegiatan KKN tematik ini para peserta dapat mensosialisasikan hal- hal mengenai program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P2TKI) mengingat NTB dapat mengirim lebih dari 20.000 TKI setiap tahunnya.

Dalam arahannya Bapak Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. NTB, Drs. H. Wildan, beberapa persoalan serius TKI seperti  Banyak CTKI yang berangkat secara unprosedural, pemalsuan identitas dll. TKI punya jasa dan kontribusi cukup besar dalam menggerakkan ekonomi NTB melalui remitensi yg dikirim tiap tahun, kalaupun menjadi TKI menjadi hak warga negara tetap perlu diingat hak harus diimbangi dgn kewajiban dgn mematuhi peraturan negara terutama dalam kaitan dengan persyaratan sbagai pekerja di luar negeri agar selamat dan mendptkan hasil yang diharapkan.

Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri itulah sebabnya mahasiswa diminta berperan serta dengan bekerja sama lebih lanjut di tingkat lapangan dengan masyakat dan tokoh agama termasuk lembaga pendidikan yang ada seperti pondok pesantren untuk ikut ambil bagian mencerahkan masyarakat (CTKI)  agar  mematuhi peraturan yg ditetapkan oleh Pemerintah dlm penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri. (bm_nakertrans)