Mataram (02/08/2017)_Gugus Tugas Kesempatan dan Perlakuan Yang Sama Dalam Pekerjaan (Task Force Equal Employment Opportunity/EEO), ini ditujukan untuk memberikan arahan bagi perusahaan dalam melaksanakan dan mendukung upaya kesempatan dan perlakuan yang sama dalam pekerjaan. Masih terdapatnya praktik-praktik ketidaksetaraan dan diskriminasi di tempat kerja, berkaitan dengan pelaksanaan pengupahan, rekruitmen, seleksi, kesejahteraan, jaminan sosial,  pelatihan, pendidikan, kenaikan jabatan atau kondisi kerja secara umum serta gender.

Tim Gugus Tugas Disnakertrans Provinsi NTB yang terdiri dari Pengawas ketenagakerjaan, Mediator, Pengantar Kerja serta pihak kepolisian. Salah satu yang permasalahan yang di bahas adalah tindak lanjut  kunjungan Tim Gugus Tugas disnakertrans Prov. NTB Ke PT SMS (29/05/2017). Perusahaan ini merupakan perusahaan produksi gula dengan potensi lahan  untuk budidaya tebu mencapai ribuan hektar, sehingga mencukupi untuk kebutuhan sebuah pabrik gula. PT. SMS sampai saat ini telah berhasil menanami tebu di area perkebuanan inti ±1.000 Ha dari 5.500 Ha. Untuk perkebunan tebu di area mitra sudahmencapai 1.700 Ha dengan Petani Mitra mencapai ±1.400 Petani.

Beberapa hal penting yang dibahas bersama Bapak Kelapa Dinas yaitu mulai dari sistem perekrutan tenaga kerja, sistem pengupahan tenaga kerja serta Pengujian peralatan atau mesin produksi pabrik gula. Sehungan dengan hal tesebut,  Bapak Kepala Dinas berencana mengundang manejer, HRD dan kepala pabrik PT. SMS dalam rangka mengklarifikasi hal tersebut. (bm_nakertrans)