12.806 Pencari Kerja di KBB Sudah Tersalurkan di Tahun 2019, Sisanya Masih dalam Proses

Sepanjang 2019 ribuan pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah disalurkan ke berbagai sektor pekerjaan dan berbagai perusahaan dan industri.

Berdasarkan data dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) KBB, total pencari kerja yang terdaftar sebanyak 21 180 orang, sebanyak 12 806 orang telah berhasil didistribusikan dan 8.300 orang sisanya masih dalam proses.

Kepala Dinas Tenaga Kerja KBB, Iing Solihin mengatakan,nabi musa pencaker serapan itu tersebar di beberapa sektor dan bidang pekerjaan, seperti di sektor Perikanan, Pertanian, Peternakan, Pengolahan sebanyak 1.417 orang, Industri 8621, Bangunan atau Konstruksi 79, Grosir, ritel, Restoran dan Hotel 1.272 orang.

“Ada juga bekerja pada layanan 81, Intensive Infrastruktur 756, 480 Diri Kerja dan Magang 100 orang,” katanya di Kabupaten Bandung Barat Office Complex, Senin (2020/01/13).

Menurut dia, penyerapan tenaga kerja lebih dari 50 persen dianggap cukup positif, karena pencaker KBB asal dapat diterima ke dalam dunia kerja dan untuk masa depan, itu akan mencari pekerjaan yang maksimal.

“Meskipun menjadi nol persen tidak mungkin, karena setiap tahun selalu ada lulusan sekolah dan usia produktif,” katanya.

Namun, hal itu akan menciptakan lapangan kerja baru dan lapangan kerja yang lebih untuk terus menggulirkan program Develpoment Keterampilan Pusat (SDC), yang meliputi bidang industri, pengusaha baru, magang di rumah dan di luar negeri, serta distribusi migran (TKI).

Selain itu, kata dia, Disnakertrans KBB juga melakukan pelatihan wirausaha baru terintegrasi dengan pembeli yang mencakup pertanian, perikanan, peternakan, mekanisasi pertanian, pengolahan.

Ia mengatakan, untuk mekanisme pelatihan, yaitu sistem asrama, nonboarding, dan unit pelatihan keliling yang melibatkan sebanyak 1.417 orang total peserta.

“Sementara itu, pembeli yang terlibat, ada 10 perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, ritel, dan peternakan,” kata Iing.

Asked on 14 Januari, 2020 in Tanya Bebas.
Add Comment
0 Answer(s)

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.