CUTI MELAHIRKAN

Disaat pandemi ini perusahan saya menerapkan Unpaid Leave 15 hari dan 15 hari kerja otomatis jadinya gaji kami 50 % dan bertepatan dengan kondisi saya yang sudah memasuki 8 bulan kehamilan,

jadi saya memutuskan untuk mengambil cuti selama 3 bulan. dan menurut saya Gaji saya seharusnya Full 100% dibanding rekan saya yang memang mendapatkan UL

tetapi perusahaan tempat saya bekerja malah memberikan saya UL dari hak CUTI saya yang memang seharusnya FULL 3 Bulan (90.hari) bukan malah hitungannya 1.5 bulan UL dan 1.5 bulan cuti

apakah ada peraturan yang berkaitan dengan upah cuti melahirkan disaat Pandemi seperti ini

mohon bantuan dan penjelasannya

 

Add Comment
1 Answer(s)
terima kasih sebelumnya…

Pengaturan mengenai cuti hamil ini diatur dalam Pasal 82 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yakni sebagai berikut :

  1. Pekerja perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 (satu setengah) bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan 1,5 (satu setengah) bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.
  2. Pekerja perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1,5 (satu setengah) bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan.

Pekerja perempuan berhak memperoleh cuti selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan sesudah melahirkan atau jika diakumulasi menjadi 3 bulan.

Selama 3 bulan cuti hamil/melahirkan tersebut, perusahaan tetap wajib memberikah hak upah penuh, artinya perusahaan tetap memberi gaji pada pekerja perempuan yang hamil meskipun mereka sedang menjalani cuti hamil/melahirkan.

Namun pada kondisi pandemi skr ini, tergantung bagaimana kebijakan perusahaan…

untuk informasi selanjutnya, silahkan berkunjung ke pengawas ketenagakerjaan atau Mediator Hubungan Industrial di disnaker kab/kota  setempat….

mohon testimoni dan vote dari bapak/ Ibu tentang layanan konsultasi online di web kami, sebagai bahan pertimbangan dalam perbaikan layanan  web. disnakertrans kedepannya….

terimakasih sudah mengunjungi Web kami ..:)

Disnakertrans Prov. NTB

Jl. Majapahit No.29 A Mataram

Answered on 2 September, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.