TENTANG BANTUAN RP. 600.000 RIBU

Saya seorang karyawan di salah satu perusahaan, sudah 3 tahun bekerja, Tidak di daftar kan BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan , Sekarang ada kebijkan dari pemerintah utuk memberikan bantuan . Bagaiman nasib nya dengan karyawan yg tidak didaftarkan spserti saya? Fakta dilapangan justru bnyak perusahan yg memalsukan laporan penghasilan karyaannya agar iuran BPJS nya rendah ,padahal gaji karyawannya bisa lebih dari 5 juta, teria kasih

Add Comment
1 Answer(s)
terima kasih sebelumnya…
Pemerintah mengatur hal ini, antara lain melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor KEP-150/MEN/1999 tentang Penyelenggaraan Jaminan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja Bagi Tenaga Harian Lepas. Di dalamnya dijelaskan bahwa pegusaha atau perusahaan yang mempekerjakan karyawan kontrak selama tiga bulan berturut-turut atau lebih, diharuskan untuk mengikutsertakan karyawan tersebut dalam program BPJS kesehatan karyawan kontrak, seperti Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan jaminan pemeliharaan kesehatan.

Sementara itu, karyawan yang dikontrak kurang dari tiga bulan tetap harus diikutsertakan dalam program jaminan kerja yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK). Kemudian, jika perusahaan memperpanjang kontrak sehingga lebih dari tiga bulan, maka wajib bagi perusahaan untuk mengikutsertakan karyawan tersebut ke dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian, dan Jaminan Kesehatan terhitung saat perpanjangan kontrak dimulai.

untuk hal tersebut, silahkan berkunjung ke pengawas ketenagakerjaan di disnaker kab/kota tempat setempat….

mohon testimoni dan vote dari bapak/ Ibu tentang layanan konsultasi online di web kami, sebagai bahan pertimbangan dalam perbaikan layanan  web. disnakertrans kedepannya….

terimakasih sudah mengunjungi Web kami ..:)

Disnakertrans Prov. NTB

Jl. Majapahit No.29 A Mataram

Answered on 2 September, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.