NTB Care : Mobile Aplikasi Yang Menjadi Mata, Telinga Dan Tangan Pemerintah Daerah
Mataram_ Melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Pemprov NTB menghadirkan aplikasi ‘NTB Care’ yang diperkenalkan pada acara sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi NTB Care di Hotel Lombok Raya, Selasa (16/10).
NTB Care merupakan Mobile App yang menjadi mata telinga dan tangan Pemerintah Daerah di NTB untuk menangkap, memahami dan merespon pengaduan masyarakat kepada Pemerintah secara langsung (real time) tanpa melalui prosedur protokoler yang dapat menghemat waktu.
Pemerintah NTB dapat melihat dan mendengarkan secara langsung persoalan dan pengaduan di tengah masyarakat dengan melihat postingan foto yang telah di unggah di aplikasi NTB Care. Pemerintah dapat segera tanggap dengan segala persoalan dengan pengaduan yang disampaikan masyarakat. Selain itu pemerintah juga dapat memperoleh pencapaian penyelesaian masalah guna mewujudkan kesejahteraan NTB.
Adapun pengguna NTB Care yakni masyarakat umum, Admin Sistem dan Volunter. Pertama, Masyarakat umum yang telah mendaftar sebagai pengguna aplikasi. Masyarakat dapat melakukan penyampaian laporan, melihat ‘laporanku’ , menerima notifikasi dan melihat laporan user lain.
Kedua, Admin Sistem yang merupakan tim pemerintah yang akan mengelola aplikasi. Terdapat dua Admin Sistem yakni Admin Sistem Satu akan menerima dan memeriksa kelayakan laporan, merubah status pelaporan, meneruskan laporan dan membuat berita. Sedangkan Admin Sistem Dua akan melakukan pengelolaan slide iklan, mengelola data agency, mengelola data user dan membuat laporan.
Ketiga, volunter merupakan warga. masyarakat yang ditugaskan sebagai relawan. Volunter dapat melakukan verifikasi laporan dan menerima notifikasi.
Proses pengaduan yang dapat dilakukan masyarakat melalui NTB Care dengan cara yang mendaftarkan diri melalui email atau sosial media yang dapat terhubung, selanjutnya dapat login dan menyampaikan persoalan atau pengaduan.
Persoalan yang telah diunggah masyarakat akan dilakukan verifikasi oleh admin yang akan memeriksa kelayakan laporan yang nantinya akan dikirim menuju volunter dan selanjutnya akan dikirimkan ke agency untuk ditindak lanjuti.
Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mendukung aplikasi NTB Care yang telah di launching guna membuat pemerintah dapat hadir ditengah – tengah masyarakat.
“NTB Care hadir untuk bisa membuat betul-betul pemerintahnya hadir ditengah masyarakat, jangan sampai sudah ada pemerintahan strukturnya besar dari tingkat provinsi sampai kabupaten tapi masih ada masyarakat yg merasa masih tidak ada tempat mereka mengadu, jadi sistem ini adalah media untuk bisa menghadirkan kita seolah – seolah kita ada ditengah masyarakat,” jelasnya.
Nantinya NTB Care akan tersedia di platform IOS untuk pengguna Apple, SMS Gateway yang dapat digunakan oleh masyarakat yang tidak memiliki smartphone dan adanya website untuk memberikan kenyamanan pengguna dalam memberikan pelaporan tanpa handphone dan untuk pengguna yang tidak ingin menginstal aplikasi di handphone.
Wagub juga berpesan agar aplikasi NTB Care harus terus berjalan dan dikembangkan untuk kedepannya. “Pesan saya harus betul-betul berjalan, saya tidak mau sama dengan program lain, hanya launching tapi tidak jalan, ini harus berjalan. Dinas Kominfotik harus bisa bertanggung jawab dalam 2018 sampai betul-betul berjalan. Semoga aplikasi NTB Care ini berkah dan dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat NTB,” tutupnya.