Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat

Main Menu

  • Home
  • Profil
    • Alamat Kantor
    • Visi Dan Misi
    • Dasar Dan Tupoksi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Pimpinan
    • Sumber Daya Manusia
  • Unit Kerja
    • Sekretariat
    • Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja
    • Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja
    • Bidang Hubungan Industrial & Jaminan Sosial Tenaga Kerja
    • Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan
    • Bidang Ketransmigrasian
    • UPTD Balai Latihan Kerja Dalam dan Luar Negeri
    • UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan & K3 P. Lombok
    • UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan & K3 P. Sumbawa
  • Berita
    • Ketenagakerjaan
    • Ketransmigrasian
    • Arsip Kegiatan
  • Regulasi
    • Undang-Undang
    • Peraturan Pemerintah
    • Peraturan Presiden
    • Keputusan Presiden
    • Instruksi Presiden
    • Peraturan Menteri
    • Keputusan Menteri
    • Surat Edaran Menteri
    • Peraturan Daerah
    • Peraturan Gubernur
    • Keputusan Gubernur
    • Juklak/Juklis
  • Aplikasi & Bursa Kerja
    • Pencari Kerja
    • Lowongan Kerja
    • Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan
    • Magang Jepang
  • PPID
    • PPID Disnakertrans NTB
      • Profil Singkat PPID
      • Maklumat Pelayanan
      • SK PPID
      • Visi & Misi PPID
      • Struktur Organisasi PPID
      • Tugas dan Fungsi PPID
      • Regulasi PPID
      • Anggaran PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Berkala
      • Daftar Informasi Publik
      • Daftar Informasi Yang Dikecualikan
      • Pengajuan Keberatan
      • Kumpulan SOP
      • Agenda Pimpinan
    • Standar Layanan
      • Prosedur Mekanisme Pelayanan Informasi
    • Dokumen
      • Perencanaan
      • Laporan
      • Pengadaan Barang dan Jasa
      • LHKPN
      • Dokumen Evaluasi Sakip
      • Informasi Keuangan
      • Produk Hukum
      • Data Sektoral
      • Data Aset
  • Layanan Informasi
    • Form Permohonan Informasi
    • Form Keberatan Atas Informasi
    • Form Survey Kepuasan Pelayanan
    • Layanan Difabel
    • Penanganan Komplain
    • Prosedur Evakuasi Keadaan Darurat

logo

Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat

  • Home
  • Profil
    • Alamat Kantor
    • Visi Dan Misi
    • Dasar Dan Tupoksi
    • Struktur Organisasi
    • Profil Pimpinan
    • Sumber Daya Manusia
  • Unit Kerja
    • Sekretariat
    • Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja
    • Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja
    • Bidang Hubungan Industrial & Jaminan Sosial Tenaga Kerja
    • Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan
    • Bidang Ketransmigrasian
    • UPTD Balai Latihan Kerja Dalam dan Luar Negeri
    • UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan & K3 P. Lombok
    • UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan & K3 P. Sumbawa
  • Berita
    • Ketenagakerjaan
    • Ketransmigrasian
    • Arsip Kegiatan
  • Regulasi
    • Undang-Undang
    • Peraturan Pemerintah
    • Peraturan Presiden
    • Keputusan Presiden
    • Instruksi Presiden
    • Peraturan Menteri
    • Keputusan Menteri
    • Surat Edaran Menteri
    • Peraturan Daerah
    • Peraturan Gubernur
    • Keputusan Gubernur
    • Juklak/Juklis
  • Aplikasi & Bursa Kerja
    • Pencari Kerja
    • Lowongan Kerja
    • Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan
    • Magang Jepang
  • PPID
    • PPID Disnakertrans NTB
      • Profil Singkat PPID
      • Maklumat Pelayanan
      • SK PPID
      • Visi & Misi PPID
      • Struktur Organisasi PPID
      • Tugas dan Fungsi PPID
      • Regulasi PPID
      • Anggaran PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi Serta Merta
      • Informasi Setiap Saat
      • Informasi Berkala
      • Daftar Informasi Publik
      • Daftar Informasi Yang Dikecualikan
      • Pengajuan Keberatan
      • Kumpulan SOP
      • Agenda Pimpinan
        • Kalender Kegiatan
    • Standar Layanan
      • Prosedur Mekanisme Pelayanan Informasi
        • Permohonan Informasi Publik
        • Sengketa Informasi
        • Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang
        • Pelanggaran oleh pihak yang mendapatkan izin atau perjanjian kerja dari Badan Publik
    • Dokumen
      • Perencanaan
        • Shortcut Perencanaan
        • RPJMD 2019-2023
        • Rencana Strategis (Renstra) Disnakertrans
        • Rencana Kerja Tahunan (Renja)
        • Indikator Kinerja Utama (IKU)
        • Rencana Kinerja Tahunan (RKT)
        • Perjanjian Kinerja (PK)
        • Lakip
        • DPA/ DPPA
        • SKP
      • Laporan
        • Laporan Keuangan
        • Laporan Tahunan PPID
        • Laporan Tahunan
      • Pengadaan Barang dan Jasa
        • Informasi Pengadaan Barang dan Jasa
        • Dokumen Pengadaan Barang dan Jasa
      • LHKPN
        • Daftar Pejabat
        • E-LHKPN
      • Dokumen Evaluasi Sakip
      • Informasi Keuangan
      • Produk Hukum
      • Data Sektoral
      • Data Aset
  • Layanan Informasi
    • Form Permohonan Informasi
    • Form Keberatan Atas Informasi
    • Form Survey Kepuasan Pelayanan
    • Layanan Difabel
    • Penanganan Komplain
    • Prosedur Evakuasi Keadaan Darurat
  • Lindungi Pekerja, Bangun NTB yang Lebih Aman dan Sejahtera

  • Pemprov NTB Jajaki Kerja Sama Strategis dengan UEA untuk Pembukaan LPK Internasional

  • Diskusi Ketenagakerjaan Warnai Peringatan May Day 2025: Disnakertrans NTB Tegaskan Komitmen Lindungi Hak Pekerja

  • Meriahkan May Day, Gubernur ajak Buruh kolaborasi & berinovasi untuk NTB lebih baik

  • Peserta Magang jepang dididik Displin terlihat keras; bentuk cinta yang menjaga

BeritaLainnya
Home›Berita›NTB Care : Mobile Aplikasi Yang Menjadi Mata, Telinga Dan Tangan Pemerintah Daerah

NTB Care : Mobile Aplikasi Yang Menjadi Mata, Telinga Dan Tangan Pemerintah Daerah

By bm_ nakertrans
17 Oktober, 2018
1073
0

Mataram_ Melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Pemprov NTB menghadirkan aplikasi ‘NTB Care’ yang diperkenalkan pada acara sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi NTB Care di Hotel Lombok Raya, Selasa (16/10).

NTB Care merupakan Mobile App yang menjadi mata telinga dan tangan Pemerintah Daerah di NTB untuk menangkap, memahami dan merespon pengaduan masyarakat kepada Pemerintah secara langsung (real time) tanpa melalui prosedur protokoler yang dapat menghemat waktu.

Pemerintah NTB dapat melihat dan mendengarkan secara langsung persoalan dan pengaduan di tengah masyarakat dengan melihat postingan foto yang telah di unggah di aplikasi NTB Care. Pemerintah dapat segera tanggap dengan segala persoalan dengan pengaduan yang disampaikan masyarakat. Selain itu pemerintah juga dapat memperoleh pencapaian penyelesaian masalah guna mewujudkan kesejahteraan NTB.

Adapun pengguna NTB Care yakni masyarakat umum, Admin Sistem dan Volunter. Pertama, Masyarakat umum yang telah mendaftar sebagai pengguna aplikasi. Masyarakat dapat melakukan penyampaian laporan, melihat ‘laporanku’ , menerima notifikasi dan melihat laporan user lain.

Kedua, Admin Sistem yang merupakan tim pemerintah yang akan mengelola aplikasi. Terdapat dua Admin Sistem yakni Admin Sistem Satu akan menerima dan memeriksa kelayakan laporan, merubah status pelaporan, meneruskan laporan dan membuat berita. Sedangkan Admin Sistem Dua akan melakukan pengelolaan slide iklan, mengelola data agency, mengelola data user dan membuat laporan.

Ketiga, volunter merupakan warga. masyarakat yang ditugaskan sebagai relawan. Volunter dapat melakukan verifikasi laporan dan menerima notifikasi.

Proses pengaduan yang dapat dilakukan masyarakat melalui NTB Care dengan cara yang mendaftarkan diri melalui email atau sosial media yang dapat terhubung, selanjutnya dapat login dan menyampaikan persoalan atau pengaduan.

Persoalan yang telah diunggah masyarakat akan dilakukan verifikasi oleh admin yang akan memeriksa kelayakan laporan yang nantinya akan dikirim menuju volunter dan selanjutnya akan dikirimkan ke agency untuk ditindak lanjuti.

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mendukung aplikasi NTB Care yang telah di launching guna membuat pemerintah dapat hadir ditengah – tengah masyarakat.

“NTB Care hadir untuk bisa membuat betul-betul pemerintahnya hadir ditengah masyarakat, jangan sampai sudah ada pemerintahan strukturnya besar dari tingkat provinsi sampai kabupaten tapi masih ada masyarakat yg merasa masih tidak ada tempat mereka mengadu, jadi sistem ini adalah media untuk bisa menghadirkan kita seolah – seolah  kita ada ditengah masyarakat,” jelasnya.

Nantinya NTB Care akan tersedia di platform IOS untuk pengguna Apple, SMS Gateway yang dapat digunakan oleh masyarakat yang tidak memiliki smartphone dan adanya website untuk memberikan kenyamanan pengguna dalam memberikan pelaporan tanpa handphone dan untuk pengguna yang tidak ingin menginstal aplikasi di handphone.

Wagub juga berpesan agar aplikasi NTB Care harus terus berjalan dan dikembangkan untuk kedepannya. “Pesan saya harus betul-betul berjalan, saya tidak mau sama dengan program lain, hanya launching tapi tidak jalan, ini harus berjalan. Dinas Kominfotik harus bisa bertanggung jawab dalam 2018 sampai betul-betul berjalan. Semoga aplikasi NTB Care ini berkah dan dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat NTB,” tutupnya.

        

Lowongan Kerja

  • BeritaInfo Lowongan Kerja

    SMKN 6 MATARAM MENGADAKAN JOBFAIR

  • BeritaInfo KetenagakerjaanInfo Lowongan Kerja

    Lowongan Kerja Summit Institute

  • BeritaBidang Penempatan & Perluasan Kesempatan KerjaInfo KetenagakerjaanInfo Lowongan Kerja

    Informasi Lowongan Kerja Bulan Mei 2017 Wilayah NTB (update 28 Mei 2017)

  • BeritaInfo Lowongan Kerja

    Info Loker : PT Angkasa Pura Hotel (Deadline 4 Oktober 2020)

  • BeritaInfo KetenagakerjaanInfo Lowongan Kerja

    Info Loker : PT ASABRI (Persero)

  • BeritaBerita Unit KerjaBidang Penempatan & Perluasan Kesempatan KerjaInfo KetenagakerjaanInfo Lowongan KerjaSekretariat

    Pembukaan Bursa Kerja Khusus ( Job Fair Mini) Tahun 2017

Copyright Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB